The Sims 4

Screenshot by Hiu Tukang Coret: The Sims 4

Sesuatu yang menarik perhatianku

Five Nights at Freddys Ultimate Custom Night

Screenshot by Hiu Tukang Coret: Five Nights at Freddy's Ultimate Custom Night

Juga Psikologi, tentu saja, karena aku memiliki pengetahuan dan pendidikan di bidang itu

Wednesday 21 August 2019

Harry Potter (Hogwarts Mystery)

Oke, kali ini aku mau bicara soal sebuah mobile game yang mungkin cukup terkenal diantara fans-nya Harry Potter (atau biasa disebut dengan Potterhead), yaitu "Hogwarts Mystery". Bagi yang belum pernah mendengar game ini, izinkan aku menjelaskan sedikit banyak tentang game ini. 

Game ini adalah game yang diciptakan oleh JamCity dengan lisensi izin dari Warner Bros., game ini diluncurkan pertama kali pada pertengahan pertama 2018. Maka, berhubung JamCity mendapatkan lisensi dari Warner Bros. yang juga membuat 8 adaptasi film dari Harry Potter dan juga 2 film Fantastic Beasts (yang semuanya ditulis oleh J.K. Rowling), dapat dikatakan game ini adalah game official Harry Potter. Okay, mari kita masuk ke topik intinya.

Hogwarts Mystery ini dimulai sejak 7 tahun sebelum Harry masuk Hogwarts (yaitu tahun 1984, Harry masuk Hogwarts tahun 1991 [Harry Potter and the Philosopher's Stone]). Lah, kalau Harry belum masuk sekolah, bagaimana cerita dalam game ini berjalan? Nah, disini, kita mendapatkan hak untuk menciptakan karakter kita sendiri, yang nantinya menjadi tokoh utama game ini. Kita bisa mendandani karakter kita sesuka kita. Mungkin opsinya (pakaian maupun make-up, iya, ada make-up juga bahkan untuk cowok) belum banyak bagi pemain baru, tapi seiring kalian bermain lebih jauh, kalian akan mendapatkan pakaian atau make-up baru, bahkan juga ada pakaian ekslusif yang hanya segelintir orang yang memilikinya, yang pakaian itu bisa diperoleh dari berbagai event yang disediakan JamCity selaku developer. Belum lagi, kita juga bisa memutuskan kita masuk asrama mana dari 4 asrama yang ada (Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, dan Slytherin). Berhubung aku sudah bergabung di Pottermore, dan masuk Ravenclaw setelah melewati proses Seleksi, aku memutuskan untuk masuk Ravenclaw juga di game ini. Oke, kita masuk ke inti ceritanya dari game ini.

Masalah di Potter Universe ini gak cuma Voldemort atau Grindelwald (penyihir yang sedikit dibawah Voldemort soal kekuatannya), lho. Ternyata, masih ada masalah lain yang bahkan muncul dari dalam kastil Hogwarts itu sendiri. Selama Harry belum masuk sekolah, ada satu masalah yang menghantui kastil Hogwarts itu, yang menjadi fokus besar dalam game ini. Apa itu? Ternyata, Hogwarts menyimpan sesuatu yang mengerikan di balik dindingnya yang tebal dan kokoh, yaitu Cursed Vaults (atau, mungkin bisa disebut Kubah Terkutuk). Wah, apa lagi itu? Mungkin itu yang kalian tanyakan, jadi aku akan menjelaskan sedikit soal tempat itu.

Cursed Vaults, dengan 's', artinya jumlahnya gak cuma satu, tapi--sejauh yang kumainkan--ada 5 Kubah Terkutuk. Setiap kubah ini menyimpan rahasia yang tidak diketahui banyak orang, bahkan berpotensi untuk menghancurkan jika jatuh ke tangan orang yang salah. Seperti namanya, setiap kubah memiliki kutukannya masing-masing yang hanya bisa dipecahkan dengan membuka rahasia setiap kubah tersebut.

Lalu, bagaimana karakter utama kita terlibat disini? Ceritanya, karakter utama (nantinya akan kusingkat menjadi "Protagonis") memiliki saudara atau abang yang sudah bersekolah disana. Abang protagonis ini mengetahui eksistensi Kubah Terkutuk itu dan berusaha menguak rahasia yang disembunyikannya. Akan tetapi, abang protagonis ini berakhir dengan ditangkap Auror (penangkap Penyihir Gelap) dan menghilang tanpa jejak. Protagonis yang mengetahui hal tersebut, ketika masuk Hogwarts, ingin mengungkap apa yang terjadi dengan abangnya. Satu-satunya cara untuk mengetahui nasib abangnya, adalah dengan memecahkan rahasia setiap Kubah. Untungnya, protagonis memiliki teman setia sejak ia baru pertama kali ke Diagon Alley (dan masih belum di-Seleksi untuk masuk asrama mana). Namanya Rowan Khanna, dia adalah teman dekat protagonis sejak pertama kali bertemu di Diagon Alley. (FYI, jika kalian memutuskan untuk membuat karakter cewek, dia juga menjadi cewek dengan nama yang sama. Yah, nama "Rowan Khanna" memang terkesan unisex atau berlaku bagi cowok maupun cewek.)


Tidak hanya Rowan, seiring waktu, teman protagonis akan bertambah banyak dan tentunya keberadaan mereka akan sangat membantu sekali dalam memecahkan rahasia Kubah Terkutuk tersebut.

Kalau boleh berkomentar secara pribadi, ada beberapa hal yang aku sukai dari game ini:

  • Game ini mengisi plothole yang tidak dijelaskan dalam novel maupun adaptasi filmnya. Selaku Potterhead yang memiliki semua bukunya dan filmnya, ini adalah game yang menarik untukku karena ia mengisi kekosongan yang tidak terisi di novel dan filmnya. Misalnya, jika kalian hapal silsilah Keluarga Weasley, di novel maupun di filmnya, ada disebutkan mengenai keberadaan dua saudara tertua Ron Weasley, yaitu Bill dan Charlie. Game ini menjelaskan bagaimana kehidupan Bill dan Charlie sewaktu mereka masih bersekolah, dan mengapa mereka bersifat demikian di novel maupun filmnya. Tidak cuma itu, masih ada plothole lain yang diisi oleh game ini.

  • Game ini bersifat santai. Kita tidak diharuskan menyelesaikan tantangan tertentu untuk mengakses level berikutnya (macam Candy Crush atau sejenisnya). Game ini jauh berbeda dari itu. Game ini juga bersifat seperti visual novel, seperti yang kalian lihat disini.


  • Kita tidak hanya menjadi pembaca yang mengikuti alur secara buta. Dalam beberapa kesempatan, kadang kita diberikan pilihan bagaimana kita memberikan dialog respon dari orang bicara dengan kita. Setiap pilihan ini, akan memberikan pengaruh bagaimana ceritanya berjalan, bahkan juga ending dari game ini, besar atau kecil.
 

Sebenarnya, masih banyak yang ingin kuceritakan soal game ini. Tapi, khawatir kepanjangan, kurasa ini saja cukup. Jika kalian adalah Potterhead, kalian MESTI COBA game yang ini, terutama jika kalian memiliki rasa kepo yang tinggi mengenai Potter Universe, khususnya apa yang terjadi di Hogwarts semasa pasca Harry menghentikan Voldemort sewaktu masih bayi. Kalian bisa mendownload "Hogwarts Mystery" via Playstore (khusus Android) maupun App Store (khusus Apple) secara gratis.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan tentunya menghibur kalian semua.
Terima kasih! 😄

0 komentar:

Post a Comment