The Sims 4

Screenshot by Hiu Tukang Coret: The Sims 4

Sesuatu yang menarik perhatianku

Five Nights at Freddys Ultimate Custom Night

Screenshot by Hiu Tukang Coret: Five Nights at Freddy's Ultimate Custom Night

Juga Psikologi, tentu saja, karena aku memiliki pengetahuan dan pendidikan di bidang itu

Sunday 22 September 2019

Ragnarok: Birth of Silver Dual-Gunner

Setelah beberapa saat menghilang, Ragnarok Online kini kembali menyapa pemainnya. Sudah beberapa lama sejak menjadi open beta. Sebelumnya, aku ingin mengatakan bahwa aku belum pernah menyentuh RO (singkatan dari Ragnarok Online) sebelumnya, bahkan dimasa ketika game online PC sedang maraknya.

Pada saat aku masih SMP, ada beberapa online game yang mendominasi (terutama mendominasi warnet), diantaranya: Audition Ayodance, Rising Force/RF, dan Ragnarok Online/RO. Setidaknya, itu yang kuingat, kurasa masih ada game online lain yang dimainkan pada saat itu, hanya saja--menurut ingatanku--3 online game itu adalah game yang paling populer pada masanya.



Kita berfokus pada Ragnarok Online. Dulu, aku tidak tertarik pada RO dengan alasan tidak tertarik dan tidak menarik dari segi gameplay apalagi tampilan. Bahkan aku tetap tidak tertarik sampai RO tutup server pada Juni 2019 lalu (sebuah hal yang luar biasa, menurutku, karena game ini bertahan selama sekitar 17 tahun dan 'mati' hanya selama 2-3 bulan untuk pindah layanan). Tapi, seiring dengan berkembangnya teknologi dengan gameplay mendetil dan grafis/tampilan yang semakin mendekati dunia nyata, RO ternyata tidak berubah sama sekali, masih begitu juga tampilannya. Hanya saja, kenyang dengan game kekinian yang gak pakai ampun level grafisnya dan juga iklan facebook yang berkali-kali menayangkan iklan RO (yang kini berjudul Ragnarok: Forever Love), aku memandang Ragnarok Online--kali ini--dengan penasaran. "Apa yang membuat orang--saat itu--begitu menggandrungi Ragnarok? Apa menariknya?" Maka, aku memutuskan untuk mendaftar dan ikut bermain saat itu juga (18 September 2019).

Tolong diingat bahwa aku belum pernah bermain RO sebelumnya, dan benar-benar melangkah masuk hampir tanpa petunjuk, panduan, atau bantuan apapun, jadi harap maklum jika aku melakukan banyak kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan terhadap karakter yang kumainkan. Nah, aku ingin bercerita apa saja kesan yang kudapatkan selama disana hingga terakhir aku memainkannya (sampai sekitar saat tulisan ini dibuat) dalam bentuk positif dan negatif.

Sebelum bahkan mendaftar dan menciptakan karakter, aku sudah melihat-lihat setiap job yang tersedia. Job/pekerjaan yang ditawarkan masih sama hanya saja dengan tambahan pekerjaan yang aku--sewaktu masih bocah sekolahan--gak ingat kalau dulu pernah ada (mungkin sudah lebih dulu ada, tapi aku tidak mengetahuinya saat itu), yaitu pekerjaan sebagai Gunslinger (pemegang pistol kembar, terkenal dengan speed dan akurasinya).

Tambah lagi, ternyata ada satu ras baru yang dinamakan Doram, yaitu karakter berwujud separuh manusia-separuh hewan. Sejauh ini, aku mengapresiasi keberadaan Doram meski tidak melihat perubahan yang signifikan. Mereka mungkin masih memiliki karakteristik yang sama dengan karakter manusia, hanya beda tampilan saja. Entahlah, sebab aku tidak berniat menciptakan karakter Doram, tidak jika tidak ada hewan laut, khususnya hiu.

Langsung saja ke bagian utama, bagian pembuatan karakter dan tutorial kita lewatkan. Sayangnya, karena sibuk dalam memahami bagaimana game ini berjalan--terutama dari sudut pandang 'Pemula RO Tulen'--aku tidak bisa menyertakan screenshot aktifitasku selama disana, setidaknya, sampai aku mencapai Lv. 10.

Aku senang dengan game ini karena:

  • Stay True to Itself

    Sebagai pemain yang sudah kenyang dengan grafik gila-gilaan, aku salut dengan Ragnarok yang tetap mempertahankan kesederhanaannya bahkan selama lebih kurang 17 tahun, meskipun ia berpindah layanan. Ditengah banyaknya game dengan kualitas yang sangat mendetil, masih sangat banyak orang yang menggandrungi game ini.
  • Open World System

    Game ini menyediakan sistem open-world (tidak begitu open world jika koneksi internetnya lambat, yang itu kadangkala terjadi) yang area yang disediakan sangat luas sekali dan cukup menantang untuk dijelajahi. Berhubung aku senang menjelajahi field dan dungeon, aku mengapresiasi hal ini.

  • Player-Killer? Non-sense!

    Selain itu, sebagai pemain yang bermain hanya untuk berkeliling dan bersenang-senang (singkatnya, casual gamer), aku sangat menghargai dengan adanya sistem PVP di tempat yang sudah ditentukan, jadi tidak ada yang namanya PK'er atau Player-Killing/Killer selain di tempat yang disediakan (Arena/Battleground), aku belum pernah mengunjunginya tapi lain kali akan kusempatkan untuk melihatnya.

  • Kalau tewas apa item-ku hilang? Jangan Khawatir.

    Jika karakter kita mati karena berbagai hal, kita memang akan kehilangan Base EXP dan Job EXP, tapi kita tidak akan kehilangan item yang kita kumpulkan (dan betapa menguntungkannya jika kita mendapatkan barang langka namun tewas di tempat karena dikeroyok musuh yang datang secara tiba-tiba). Soal Base EXP dan Job EXP yang hilang karena tewas, itu bisa dengan mudah digantikan dengan membantai monster lain. Nah, bicara soal monster...


  • Monster A ada dimana?

    Jika sedang melakukan Hunting Quest (Quest Berburu), dan kita tidak mengetahui dimana bisa menemukan monsternya, cukup melihat Peta Dunia dan menekan TAB di keyboard untuk menunjukkan posisi kita dan monster apa yang mendominasi di setiap wilayah di peta dunia itu disertai dengan level rata-rata monster di area itu (jika bukan level monster itu sendiri), sangat menghemat waktu sekali, serta mempermudah untuk merpersiapkan diri, dan aku menyukainya.

Itu adalah hal positif yang kusenangi dari game ini. Tapi, rasanya kurang jika tidak ada hal negatif. Tidak ada apapun di dunia ini yang hanya positifnya saja. Brace yourself, mungkin ini terdengar pahit, mungkin juga tidak...

Hal yang aku tidak senang dari game ini adalah:

User Interface yang membingungkan untuk pemula sepertiku.
Ketidaksesuaian Objective dengan Dialog NPC bisa menjadi hal yang memusingkan. Mana yang harus diikuti?
  1. User Interface

    Tidak banyak yang bisa diceritakan, selain karena aku masih sangat awam, aku belum terbiasa dengan UI (User Interface)-nya. UI-nya sendiri tidak disertai penjelasan yang memadai, ukuran huruf yang terlalu kecil (sampai aku harus bermain dengan mode resolusi penuh meski mataku normal dan sehat), panel apa untuk apa, dan sebagainya. Waktu pertama kali bermain, aku bahkan perlu waktu untuk mencari dimana aku bisa mengakses item dan equipment yang kupakai. Bahkan sampai saat ini, aku mesih belum mengerti fungsi dari beberapa panel. Bahkan, game ini dapat kukatakan 'crudely translated', kenapa? Terjemahan versi indonesianya seakan (atau, malah memang begitu?) diterjemahkan dari bahasa inggris menggunakan Google Translate jadul, bahkan beberapanya masih menggunakan bahasa Korea (tapi tidak terdeteksi demikian karena yang muncul hanya karakter/huruf yang tidak jelas). Begitu banyak deskripsi yang tidak begitu jelas, yang bahkan akan membuat sedikit sulit untuk benar-benar memahami apa perbedaan dari item pertama dengan item lainnya (seperti Healing Potion, yang terjemahannya hampir sama semua, tidak peduli seberapa besar Health Point yang dipulihkan). Gravity Game, tolong benerin bagian deskripsi-nya, pliss banget...



  2. Gameplay
    Gameplay-nya--tentu saja--mempertahankan gaya lama yaitu gaya point-and-click. Untuk bergerak harus mengklik arah tertentu, caranya sama untuk menyerang. Untungnya kita bisa menggunakan tombol CTRL untuk membuat karakter kita secara otomatis menyerang sasaran--dan juga memperpanjang umur tetikus kita karena tidak mengklik terlalu banyak dan hanya perlu melakukan klik tahan untuk menyerang (jika tidak menggunakan CTRL). Selain itu, juga disediakan beberapa tombol shortcut untuk mempermudah kita dalam mengakses item, equipment, dan lainnya. Sebagai pemula, perlu pembiasaan untuk menghadapi semuanya, terutama dengan UI yang menurutku bermasalah. Tapi, dari segi gaya bermain, aku tidak menemukan masalah yang berarti.


  3. Level dan Status Points

    Kita tentu ingin membuat karakter kita menjadi karakter yang terkuat, caranya dengan menaikkan level karakter kita. Tapi, lagi-lagi di mata pemula sepertiku, aku tidak melihat perubahan apapun dari karakterku, damage yang diberikan tidak bertambah maupun daya tahan karakterku dalam menerima damage. Sampai, aku baru sadar ketika aku menginjak Lv. 15 keatas, ada Status Points yang bisa dipakai untuk menaikkan status yang tersedia untuk karakter kita (ada 6, tidak dengan urutan yang sama, yaitu: Strength, Vitality, Intelligence, Agility, Dexterity, dan Luck). Lagi-lagi, tutorial tidak menjelaskan dimana Status Points ini bisa diakses, mereka--tutorial--hanya mengatakan "Kamu bisa mengakses Status Points dan memakainya untuk memperkuat karaktermu." Tapi tidak menjelaskan dimana bisa mengaksesnya.


  4. Status yang Ideal untuk Tiap Pekerjaan

    Meski job yang ditawarkan cukup banyak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemula sepertiku--yang sayangnya tidak dijelaskan oleh tutorial. Masalah ini mungkin lebih karena aku minim riset dan hanya modal nekat masuk ke RO. Masalah yang kuhadapi adalah dari sekian status (Strength, Agility, Dexterity, Intelligence, Vitality, dan Luck), setiap dari status tersebut akan mempengaruhi apa? Misalnya, awalnya aku pikir Strength akan mempengaruhi Attack Power karakter kita. Salah besar, Strength hanya mempengaruhi beban maksimal dari item yang kita bawa. Oh, ya, ada yang namanya batas beban dalam sistem game ini, yang jika batas itu dilewati, akan mempengaruhi performa karakter kita dalam bertarung. Jika bebannya melebihi separuh dari batasnya, karakter kita tidak akan mampu melakukan regenerasi HP dan SP, dan jika sudah cukup dekat dengan batas maksimum, akan membuat karakter kita tidak mampu untuk menyerang sama sekali. Satu-satunya solusi hanyalah dengan mengurangi beban dengan cara membuang item yang tidak diperlukan dari inventory kita (dibuang begitu saja, atau dijual). Kembali ke job dan status yang ideal, hanya dari strength itu saja, aku menyadari bahwa setiap status ini harusnya memiliki penjelasan akan mempengaruhi bagian mana saja dari karakter kita. Ini akan menjadi masalah besar nantinya jika kita sudah mencapai level yang cukup tinggi, ketidaksesuaian status dengan job pilihan kita akhirnya hanya akan menyusahkan tidak hanya kita sendiri, tapi juga teman satu tim/satu party dengan kita. Aku menyadari ini ketika semuanya sudah terlambat untuk diperbaiki. Mengetahui pekerjaan karakterku adalah Gunslinger, harusnya aku mengutamakan Dexterity, bukannya Strength (yang kukira meningkatkan Attack Power). Strength point-ku hampir 60, sementara Dexterity-nya hanya hampir 40, itu terlalu buruk... sangat buruk sekali untuk Gunslinger. Solusinya, kalau tidak mau menaikkan level lagi, ya, harus bikin karakter baru (dan ini masih kupikir-pikir).

  5. Monster, Healing, dan Waktu.

    Justru karena game ini open world  dengan area yang sangat luas dan tidak adanya PK dalam sistem game ini, kita masih bisa tewas karena diserang beberapa monster yang ada di sekitar kita meskipun kita tidak melakukan apapun pada mereka. Karena itu, waspada adalah sebuah keharusan dan kita gak bisa benar-benar meninggalkan karakter kita dengan urusan di dunia nyata. Misalnya karena masalah regenerasi karakter yang hanya berjalan selama kita Login, jika kita log-off, HP dan SP akan sama persis dengan saat terakhir kita meninggalkannya. Jika kalian tidak punya potion dan kemampuan healing yang memadai, ini akan menjadi masalah. Tentunya, kalian tidak ingin kembali jauh-jauh ke kota lagi hanya untuk memulihkan diri, kan? Itu sangat membuang waktu.
  6.  

Lihat Tab Chat di kiri bawah, terjemahannya... ya ampun...


Itu adalah beberapa hal yang menjadi perhatianku selama bermain Ragnarok: Forever Love. Menurutku, secara keseluruhan, game ini banyak sekali yang harus dibenahi. Masih sangat banyak yang ingin kutuliskan, tapi karena khawatir kepanjangan, mungkin ini saja cukup. 
Lain kali, jika kalian bermain ini, kalian bisa membuktikan sendiri apa yang kulihat dan mungkin... kita bisa main barengan. Bisa jadi diantara kalian ada yang sudah tinggi level karakternya, mungkin aku perlu bantuan untuk lebih mendalami game ini. Atau, jika kalian baru pertama kali bermain sepertiku, aku bisa membantu kalian untuk menaikkan level kalian (yaitu dengan membuat party bersama). Dari waktu ke waktu, aku masih memainkan ini di waktu luang.

Seperti judulnya, pekerjaanku di game ini adalah Gunslinger, dan aku selalu membawa dua pistol kembar warna perak kemana-mana karena itu senjata kesukaanku, meski mungkin kekuatannya gak seberapa. Karena itu, aku menyebut karakterku... "The Silver Dual-Gunner". Nama yang sederhana, karena aku menyukai sesuatu yang sederhana dalam pemberian nama. Hope to see you there.

0 komentar:

Post a Comment