The Sims 4

Screenshot by Hiu Tukang Coret: The Sims 4

Sesuatu yang menarik perhatianku

Five Nights at Freddys Ultimate Custom Night

Screenshot by Hiu Tukang Coret: Five Nights at Freddy's Ultimate Custom Night

Juga Psikologi, tentu saja, karena aku memiliki pengetahuan dan pendidikan di bidang itu

Friday 13 September 2019

Review The Sims 4 "Realm of Magic"


Ada yang udah mendapatkan Game Pack terbaru The Sims 4 "Realm of Magic"? Apa kalian memiliki kesan ketika memainkannya pertama kali? Kali ini, aku akan mengungkapkan kesan yang kudapatkan dari ketika pack ini belum dirilis hingga saat aku memainkannya saat ini. Agak terlambat, sebab aku mengalami masalah teknis dengan game-nya, bahkan perangkat tempat aku bermain.

Dari mana, ya? Bagaimana kalau dari tempat dimana portal menuju dunia sihir berada, yaitu Glimmerbrook? Kesan pertama yang kudapatkan ketika pertama kali mengunjungi tempat ini adalah: "Mereka para developer mestinya bisa mengembangkan tempat ini lebih jauh lagi." Kenapa? Lihat saja rumah-rumah yang sudah jadi (pre-made house), tampilannya rumahnya begitu sederhana dan membosankan sampai-sampai aku berpikir harus mendownload rumah hasil karya orang lain untuk mengganti rumah yang sudah ada itu menjadi lebih bagus. Atau, aku bisa membangun sendiri rumah yang terbaik menurut versiku. Aku lebih memilih opsi kedua.


Peta yang begitu sederhana dan tanah yang tidak banyak, seperti sebagaimana Game Pack seharusnya
Rumah yang bagus, tapi terlalu sederhana untuk disebut rumah penyihir.

Yang ini apalagi, terlalu simpel.

Selain sederhana, terlalu banyak tanah yang tersisa. Mungkin ditujukan untuk keluarga yang kurang mapan.

Biasanya, bangunan apa yang selalu dikaitkan dengan sihir? Buatku--mungkin terpengaruh dari Harry Potter dan Penyihir Gelap Merlock dari seri Donal Bebek--bangunan untuk sihir selalu berkaitan dengan dengan kastil besar dimana penyihir besar (dan jahat, meski tidak selalu seperti itu) berdiam. Maka, kupikir aku harus membuat kastil yang cukup besar. Sayangnya, masalah kedua muncul. Tanah yang tersedia tidak begitu besar, sehingga aku harus bisa membuat kastil yang cukup bagus dengan tanah yang terbilang sempit. Meskipun aku berhasil membangunnya, kastil buatanku ini masih jauh dibawah ekspektasiku, tidak lain karena lahan yang terbatas--dan berakibat kreatifitasku terbatas juga. Lahan kosong yang tersedia hanya 30x20, itu bukan lahan yang cukup untuk membangun sebuah kastil. Mungkin kalian lebih suka dengan sesuatu yang sederhana, itu terserah kalian, setiap orang memiliki seleranya masing-masing, tapi lahan yang terbatas ini sangat mengganggu untukku.

Kastil Sihir sederhana buatanku, tidak diserupakan dengan Hogwarts, ini hanya rumah yang dibuat seakan-akan seperti kastil.

Seperti yang kusebutkan sebelumnya, solusi lain adalah dengan mendownload rumah hasil karya orang lain yang dirasa lebih bagus dari lebih berwarna. Developer dirasa kurang mengekplorasi setiap perabotan yang disediakan game pack ini, seakan-akan mereka berpikir (mungkin tidak, tapi bisa jadi seperti ini) bahwa mereka memberikan ruang untuk para pencipta Custom Contents (atau biasa disingkat CC) untuk lagi-lagi, menggunakan kreatifitasnya untuk melengkapi apa yang kurang. Menurutku, bukan begitu cara yang baik untuk memberikan ruang pada para player, sebab tidak semua orang bisa membuat CC dan belum tentu mereka menemukan CC yang tepat yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Itu baru Glimmerbrook, lho. Belum lagi Dunia Sihir-nya (aka Realm of Magic, yang menjadi inti semua ini).

Katanya ini Magic Headquarters. Hm... mirip kandang.

Magic Headquarters ini menyediakan fasilitas arena duel.


Kesan pertamaku ketika melihat Dunia Sihir dengan rumah besar yang dibanggakan itu--yang dinamakan 'Magic HQ' aka Headquarters--sama seperti kesan ketika aku melihat Glimmerbrook: "Waduh, apa developer mengandalkan para pemain untuk memanfaatkan gedung ini? Gedungnya terlalu banyak ruangan yang mubazir." Maksudku, lihat saja area sekitar bagian tengah gedung yang terlihat seperti sebuah arena duel.

Arena Duel Magic Headquarters, di lantai dasar. Duel biasanya diadakan disini... biasanya.

Bukannya di Duel Arena yang disediakan, tampaknya Sim akan memilih tempat lapang lain yang terdekat dengan mereka untuk melakukan duel.

Ya, terlalu banyak ruang kosong yang masih bisa diisi apapun yang berhubungan dengan sihir. Arena duel terkesan bagus, tapi sayangnya sangat jarang tempat itu digunakan. Malahan, para penyihir disana lebih sering memilih berduel di luar gedung (atau dimanapun kecuali Arena Duel) ketimbang di arena yang disediakan itu. Belum lagi kuali raksasa bertebaran di beberapa penjuru gedung, yang beberapanya hampir tak pernah digunakan sama sekali, hanya menghabiskan tempat dan waktu untuk loading dan rendering.


Perhatikan yang dilingkari merah. Kuali dimana-mana, dipakai untuk eksperimen membuat ramuan.

Meski begitu, ada 3 kuali menganggur yang rasanya gak perlu ada. Kuali masing-masing di bagian kiri dan kanan adalah kuali yang paling menganggur.
Jika ada, aku ingin mendownload bangunan bertemakan Kastil Hogwarts untuk menggantikan bangunan mubazir itu (dan aku sangat menantikan hasil kreatifitas dari Potterhead Simmer lain), tapi kalaupun di-download, muncul satu masalah lagi. Iya, masalah selalu datang satu setelah yang lainnya.

Meskipun kita bisa mengubah desain gedung dan ruangan itu sekehendak kita dengan menggunakan cheat BB ("bb.enablefreebuild"), kita harus siap dengan beberapa resiko. Resiko yang paling kupikirkan adalah para guru sihir--atau biasa disebut "Sage"--akan kehilangan tempat mereka biasa nongkrong. Malahan, mereka akan pergi ke tempat lain--tanpa arah--meskipun kita sudah menentukan tempat dimana mereka seharusnya nongkrong jika ada siswa yang meminta untuk diajarkan sihir atau ramuan terbaru.

Gak cuma itu, masalah lain juga muncul (dan lagi-lagi bantuan para modders sangat diperlukan), yaitu dengan munculnya Sim yang seharusnya Non-Penyihir, yang dengan enaknya menggunakan sihir sekehendak mereka, sementara kita harus bersusah payah--meski aku tidak menyebutnya bersusah payah, yang nanti kujelaskan alasannya--untuk menjalankan misi tertentu agar mendapatkan hak untuk diangkat menjadi penyihir. Tentu saja kita tidak mau menemukan Bella Goth atau Malcolm Landgraab--yang awalnya hanya Sim biasa--tiba-tiba menggunakan sihir seenaknya, kan, di depan kita yang masih berjuang agar bisa seperti itu? Setahuku, ini adalah bug, dan untuk masalah spesifik seperti ini, aku menyarankan Mod buatan Zero yang ada disini.

Oke, soal berjuang menjadi penyihir, aku tidak benar-benar memaksudkan 'berjuang'. Untuk menjadi seorang penyihir hanya perlu mengumpulkan benda tertentu untuk para Sage, yang benda itu sangat mudah sekali ditemukan di sekitar HQ itu (bahkan seharusnya para Sage itu bisa mengambilnya sendiri).


Lihat yang dilingkari merah. Itu adalah apa yang diminta para Sage untuk kita kumpulkan demi menjadi seorang penyihir.
Kumpulkan sedikitnya 7 Mote lalu kembali ke Sage manapun dalam 8 jam sebelum benda itu menghilang, untuk diangkat menjadi penyihir. Tugas yang sederhana sekali...


Lihat inti yang mau kukatakan? Oke, to the point, game pack ini--seperti pack-pack pendahulunya--terlalu disederhanakan. Ini masalah yang seringkali kutemukan dari Sims 4, tidak hanya dari pack ini, tapi juga dari pack lainnya, minim sekali akan tantangan dan jadinya sangat mudah untuk merasa bosan dan akhirnya berhenti bermain (apalagi jika kalian bukan maniak cerita fantasi sihir).

Oke, di bagian ini aku tidak terlalu protes. Sebagai spellcaster, developer telah memastikan bahwa pemainnya tidak akan menyalahgunakan kemampuan itu seenak para pemain yaitu dengan menerapkan sistem Spellcaster Charge, yang pada awalnya akan memberikan manfaat dan keuntungan terhadap beberapa sihir, seperti memperkuat atau memperlama durasi efek sihir itu. 

Spellcaster Charge ini memberikan keuntungan... pada awalnya, sebelum menjadi sesuatu yang sangat membuat stres.

Akan tetapi, jika Spellcaster Charge itu terlalu penuh, akan membuat penyihir itu meledak dari dalam tubuhnya dengan kemungkinan selamat 50:50 dan itu tentu saja sangat membuat stres bagi mereka yang hobi menggunakan sihir, meski peluang untuk tetap hidup itu bisa diperbesar dengan menggunakan talent point yang disediakan setiap kali kita berhasil naik level sebagai penyihir. Overcharged ini bisa dicegah dengan menggunakan menu Discharge untuk menghindari ledakan yang tidak diinginkan, meski tidak selalu tersedia dalam kasusku.

Jika sampai terlalu penuh, sang penyihir akan mengalami ledakan dari dalam tubuhnya. Aku belum pernah mengalami ledakan itu sekalipun meski sudah memasuki level yang berbahaya.

Belum lagi ada ramuan yang membuat peminumnya--untuk sementara--akan terlindung dari maut jika mereka sempat meledakkan dirinya secara sengaja maupun tidak sengaja, seperti Potion of Prompt Resurrection atau biasa kusebut Death-Proof Potion yang membuat peminumnya auto-revived sesaat setelah mereka meledak dan 'mati', dan juga Immortality Potion yang membuat peminumnya hidup abadi.

Belum lagi dengan sihirnya, banyak sekali hal yang kuperhatikan dari sihir dan yang disediakan oleh pack ini, yang ternyata semua kemampuan sihir dan ramuan itu hanya menyalin dari kemampuan yang ada di pack sebelumnya. Misalnya, lihat mantra Copypasto atau mantra Duplicato, keduanya sudah ada sejak Expansion Pack "Get to Work" ketika kita bekerja di laboratorium dimana kita bisa menciptakan alat untuk menyalin benda lain atau malah meng-kloning orang lain dengan alat ciptaan tersebut. 

Atau, apa aku peduli dengan mantra yang membuat korbannya menjadi sedih atau gila dalam 2-4 jam? Jika kalian senang dengan kejahilan dan senang membuat drama, ini bukan sesuatu yang buruk bagi kalian, tapi untukku ini mantra yang hampir tidak berguna. Atau, Mantra Inferniate yang bertujuan untuk membakar korbannya? Iya, dia akan membakar korbannya tapi tidak sampai membunuhnya meski kita sudah memasuki fase charged bahkan overcharged yang seharusnya membuat mantra kita lebih kuat (sayang sekali), mantra ini hanya berguna untuk mengeringkan lantai basah, menyalakan perapian, atau menyelamatkan orang yang dibekukan dengan mantra Chillio (mantra pembeku). Minim sekali dengan inovasi dan resiko, menurutku.

Menembakkan Inferniate (Mantra Pembakar) ke orang lain, hanya bisa membakar, bukan membunuh, meskipun Spellcaster Charge sudah memasuki fase "Dangerously Overcharged", sangat dekat sebelum ledakan maut.
 
Satu lagi, adalah betapa mudahnya untuk mengakses mantra atau ramuan baru. Kasarnya, kalian hanya perlu bertanya pada tiap Sage dan... voila, kalian belajar mantra baru atau ramuan baru sesuai yang kalian minta. Untuk ramuan bahkan kalian dikasih satu botol sampel secara cuma-cuma, yang ramuan itu bisa di-duplikasi menggunakan mantra Copypasto tanpa repot-repot memasak ramuannya. Mudah sekali... terlalu mudah malahan.

Ingin belajar ramuan atau mantra baru? Mudah, tinggal tanya saja, langsung dipelajari dan bisa dipakai saat itu juga. Tapi untuk ramuan, kita diberikan sebotol ramuan contoh yang sudah jadi.
Ramuan Langka (Death-proof Potion) yang pembuatannya sangat rumit, bisa diduplikasi secara sempurna dengan menggunakan Mantra Copypasto.

Ramuan hasil Mantra Copypasto, buat apa repot-repot memasak ramuan kalau bisa menyalin hasil kerja orang lain?


Meski begitu, ada inovasi--dalam hal ini, ramuan--baru yang cukup berguna seperti Potion of Plentiful Needs yang akan mengisi penuh semua kebutuhan kita secara instant, dan--sayangnya--semua itu bisa didapatkan hanya dengan satu bahan ramuan saja, yaitu Apel. Lagi-lagi, developer membuat game ini terlalu sederhana, minim tantangan, dan tentu saja cepat untuk merasa bosan.

Kemudian, soal keistimewaan (Perks) dan talent point, awalnya akan terasa menarik ketika kita bisa menciptakan karakter-karakter dengan spesialiasi yang berbeda, akan tetapi, setelah mencapai level tertinggi penyihir (yaitu Virtuoso), perbedaan itu akan sirna seiring level Virtuoso itu terus bertambah--meski tidak terlihat secara kasat mata--disebabkan semua keistimewaan yang ditawarkan itu--jika kalian mau--harus dibeli, dan semua keistimewaan itu sama saja antara karakter satu dengan lainnya. Tahulah, perbedaan dan keberagaman itu indah dan keistimewaan ini menghapus hal itu.

Keistimewaan/Perks, yang belum semuanya terbuka, akan menunjukkan kekhasan dari suatu karakter.

Akan tetapi, jika semua keistimewaan sudah dibeli, semua penyihir akan menjadi sama saja antara satu dengan lainnya dalam hal skill/kemampuan menyihir atau membuat ramuan.

Satu-satunya yang bisa membuat sedikit perbedaan, adalah keberadaan kutukan yang bisa didapatkan dari meminum ramuan berkualitas buruk maupun kalah berkali-kali dalam duel sihir. Lakukan saja segalanya dengan salah, kalian akan mendapatkan kutukan permanen maksimal sampai 3 kutukan. Kutukan ini hanya akan hilang dengan mantra Decursify (yang menghapus satu dari tiga kutukan) atau Curse-Cleansing Potion (yang menghapus semua kutukan sekaligus). Terlalu mudah...

Aku gak terlalu suka protes atau mengatakan apapun yang buruk, tapi secara keseluruhan--terlebih di mata seorang pecinta fantasi sihir--menurutku ini adalah game pack yang membosankan jika kita sudah mengeksplorasi semuanya dan mendapatkan semua keuntungan yang ditawarkan menggunakan talent point. Jika kalian memiliki game ini dan sedang memainkannya, selamat bersenang-senang... atau tidak. Seperti yang kubilang, aku tidak membenci pack ini, aku hanya punya ekspektasi dan bahkan dengan ekspektasi yang sudah kuturunkan lebih jauh, game pack ini masih dibawah ekspektasi itu.

Jika Realm of Magic bisa se-sederhana ini, aku merasa agak ngeri membayangkan The Sims 4 University nanti jika sudah dirilis, mudah-mudahan developer tidak terlalu mengecewakan pemainnya, karena University ini adalah Expansion/Game Pack yang paling dinantikan para pemain di seluruh dunia.

0 komentar:

Post a Comment